Berkaitan tapi tetap Berbeda: Branding vs Marketing

Branding dan Marketing: Istilah yang sering kita dengar, tetapi sebenarnya memiliki pengertian & tujuan yang sangat berbeda. Dua hal yang saling berkaitan ini tidak lepas juga dari peran iklan luar ruang. Mari kita bahas lebih lanjut soal topik ini.

Hi, AdPoiners.
Berjumpa kembali di blog AdPoint, pada tulisan kali ini saya akan membahas topik soal branding dan marketing. Walaupun erat kaitannya, branding & marketing memiliki konsep yang berbeda!


Branding merupakan bentuk pencitraan yang membentuk konsumen untuk memilki persepsi pada produk/bisnis kita, pada prosesnya branding membuat kesan yang tertinggal di benak calon konsumen. Bisa diartikan juga bagaimana cara membangun komunikasi dan emosi terhada para calon konsumen.

Umumnya branding bertujuan untuk:
- Membentuk citra positif dan:
- Reputasi yang bisa membangun kepercayaan para konsumen terhadap suatu brand.

Sedangkan marketing bisa didefinisikan sebagai cara dan strategi untuk mempromosikan sebuah produk/jasa kita terhadap calon konsumen.
Singkatnya, marketing bertujuan: untuk meningkatkan penjualan dari suatu produk/jasa yang ingin dijual.

Berikut beberapa contoh perbedaan mendasar dari 2 topik kita kali ini:
- Jika marketing bertujuan untuk mendapatkan atensi konsumen, branding adalah cara bagaimana memelihara atensi dari mereka.
- Marketing membawakan penjualan, sedangkan branding loyalitas & kesadaran merek. Proses marketing umumnya dilakukan dengan sebuah campaign yang memiliki jangka waktu, sedangkan branding selamanya.
- Dan jika marketing adalah soal promosi & publikasi, branding adalah soal persepsi.

Kesimpulannya, 2 hal yang saling erat kaitannya ini memiliki tujuan & fungsinya masing-masing. Untuk Anda yang akan melakukan branding dan marketing, beriklan adalah bagian penting dari 2 proses ini. AdPoint bisa menjadi solusi Anda untuk branding & marketing yang sukses.

Baik, mungkin itu saja pembahasan soal branding dan marketing.

Sampai jumpa kembali AdPoiners, terima kasih.